√ EVALUASI DENGAN ANDROID - KANG INU



Selasa, 01 Februari 2022

EVALUASI DENGAN ANDROID

Salah satu kegiatan guru yang harus selalu dilakukan di sekolah adalah proses penilaian. Ya, penilaian adalah bentuk evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang telah dilakukan baik dalam bab tertentu atau tema tertentu. Tapi, seringkali guru kewalahan dalam melukakan penilaian karena menyita waktu sedangkan terkadang waktu pembelajaran demikian sempit karena suatu sebab. 
Menjawab hal itu, sebuah perusahaan Start Up asal New Lenox yang bernama ZipGradeLLC menerbitkan sebuah aplikasi yang sangat membantu guru untuk melakukan proses penilaian. ya, hanya dengan sebuah HP Android, guru tinggal mengarahkan kamera dan dalam hitungan detik (3-5 detik) selembar kertas evaluasi dengan soal 50 pilihan ganda akan selesai dikoreksi.
Ok, untuk melakukan penilaian dengan aplikasi bernama "Zip Grade" yang pertama tentu menginstalnya. Klik Tautan ini untuk menuju Google Play dan atau Klik Tautan ini untuk megunduh Apk yang bisa diinstal langsung.

Setelah diinstal, sebelum membuka aplikasi kita siapkan dulu Paper Lembar jawabnya, semacam LJK untuk UN/US. Klik di sini untuk mendownload papernya.
A. Paper 20 Soal Klik di sini
B. Paper 50 Soal Klik di sini
C. Paper 100 Soal Klik di sini

Silahkan diprint dan digandakan sesuai kebutuhan kelas.

Setelah itu kita buka aplikasi Zip Grade. Daftarkan Email dan setelah itu akan tampil seperti berikut :

Kita pilih menu "Quizzes" untuk membuat Quis. Akan munculan tampilan seperti di bawah.

kita klik 'New Quiz' yang ada di kanan atas. Akan munculan tampilan seperti dibawah. 

Saya beri nama papernya dengan B Indo Tema & tanggal 3 April 2018 kemudian klik "Select Sheet " di kanan atas  untuk membuat jawaban . Setelah itu langsung muncul Scan Paper. Kita keluar saja.

Setelah itu baru kita Klik Scan Paper dan arahkan ke kertas dengan mengepaskan Kotak hitam disamping paper. Lihat gambar di  bawah.
Arahkan  sampai kotak hijau menyentuh tepat kotak hitam dipaper. Nanti akan ada getar tanda sudah selesai mengkoreksi dan muncul tampilan seperti di bawah.


 Klik review Paper untuk melihat hasilnya dan akan tampil seperti gambar di bawah ;


jika ada jawabn yang salah maka akan muncul tanda merah dan jawaban yang benar (lihat gambar ke 2) dan sudah tertera untuk nilai masing-masing paper.

Selesai. Silahkan bisa dilengkapi nama-nama siswa dan kelasnya.
Terima kasih.
Untuk teman-teman pengajar, bisa share curhat dengan saya di WA 0896-0886-8585.

Get notifications from this blog

2 komentar